SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA,BERBAGI MASALAH AKAN MENGUBAH SUASANA MENJADI INDAH...BERBAGI KEBAHAGIAAN SEMOGA BISA JADI INSPIRASI BUAT TEMAN TEMAN...

CARA MEMECAT KARYAWAN /PHK YANG BAIK


Memecat karyawan atau mengatakan evaluasi karyawan/bawahan kita terkadang tidak mudah untuk dilakukan. Apalagi jika karyawan tersebut sudah lama bekerja dengan kita. Walaupun begitu, membiarkan karyawan bekerja semaunya dan bekerja tidak optimal pun tidak seharusnya kita lakukan, bukan? Lalu bagaimana cara mengomunikasikannya?
Tanya: Bagaimana cara menyampaikan evaluasi kerja karyawan/bawahan dengan bijak?
Jawab: Jika Anda adalah orang yang memiliki wewenang dalam perusahaan, dan seorang karyawan melakukan sesuatu yang tidak sewajarnya, sebaiknya Anda mengatakan apa yang sebenarnya kepadanya, meskipun kebenaran itu terasa menyakitkan/bisa menyinggung karyawan Anda. Nah, jika karyawan Anda tersebut seorang Beragama, saya menyarankan agar Anda mengatakan kepadanya bahwa sifatnya yang tidak bertanggung jawab, malas, dan seenaknya, misalnya, bukan hanya mencerminkan dirinya sendiri, melainkan juga semua orang yang beragama . Anda perlu menasihatinya, agar ia meluruskan hidupnya di hadapan Tuhan sebelum ia membuat kehancuran. Sampaikan nasihat Anda secara langsung kepada yang bersangkutan secara pribadi, atau dengan mengikutsertakan seorang karyawan lain untuk mendampingi Anda.
Tanya: Bagaimana cara saya mengungkapkannya?
Jawab: Sebagai atasan, sebenarnya Anda dapat memaksa, Anda bisa memecat karyawan Anda secara langsung, dan tidak mau tahu dengan alasan yang dikatakannya. Namun, hal ini pun tidak menunjukkan sikap Atasan yang baik. . Berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menyampaikan evaluasi terhadap karyawan/bawahan Anda.
a. Terangkan apa yang menjadi permasalahannya.
 Anda seharusnya tidak hanya menunjukkan kepada karyawan/bawahan Anda tentang apa yang salah, namun Anda juga harus menunjukkan kepadanya apa yang benar.
b. Pastikan bahwa karyawan Anda mengetahui apa yang Anda harapkan darinya.
Kadang-kadang seseorang melakukan hal yang salah dan tidak seperti yang Anda harapkan, mungkin karena Anda sebagai pemimpin belum memberi tahu mereka apa yang Anda inginkan. Apabila atasan dapat atau mau menunjukkan kepada para karyawan apa yang tidak bisa diterima, dia juga perlu menunjukkan apa yang diharapkan. Jika hal ini tidak dilakukan, maka pemimpin itu sama halnya dengan karyawannya. Ini tidak adil bagi mereka.
c. Bantulah karyawan tersebut agar melakukan pekerjaan dengan lebih baik.
Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menolong karyawan Anda yang kurang bekerja secara optimal. Salah satunya adalah mengurangi pekerjaan yang terlalu berat untuknya, atau membagi pekerjaan menjadi beberapa bagian yang dapat dikendalikan.
d. Berilah kesempatan kepadanya untuk memperbaiki.
Apabila karyawan Anda baru sekali melakukan kesalahan, sebaiknya Anda tidak langsung memecatnya. Berilah kesempatan baginya. Katakan kepadanya untuk tidak mengulangi perbuatannya dan lebih hati-hati dalam mengerjakan tugasnya. Jika ia bekerja dengan baik, Anda berdua akan puas. Jika tidak, dia akan diberhentikan.
e. Jika akhirnya Anda terpaksa memberhentikan seorang karyawan, lakukan dengan benar.
Saat Anda memberhentikan seorang karyawan, terangkan mengapa Anda melakukannya agar karyawan Anda dapat mengambil pelajaran dari kejadian yang terjadi. Jangan enggan untuk memberikan kepadanya uang pesangon yang pantas untuk membantunya, sementara ia mencari pekerjaan yang baru. Bila memungkinkan, carikanlah pekerjaan baru yang lebih tepat untuknya.
f. Jangan menyembunyikan sesuatu.
Jika Anda menyembunyikan kebenaran darinya tentang hasil kerjanya, Anda bukanlah atasan yang baik. Hal ini pun tidak memberikan sesuatu yang baik untuknya. Anda juga tidak menolongnya, jika Anda memberikan rekomendasi yang tidak benar, karena Anda tidak mau menutup kesempatan kerjanya. Jika Anda sudah menerangkan kepadanya sebab-sebab pemberhentiannya, ia tidak akan kaget jika Anda menyebutkan persoalan ini dalam surat rekomendasi Anda. Nyatakanlah apa yang benar dengan jujur dan lemah lembut, hal ini akan memberikan dampak yang lebih baik untuk masa depannya nanti.
Cobalah dan usahakanlah agar Anda tidak meninggalkan kekecewaan/sakit hati pada karyawan Anda, karena cara penyampaian Anda yang kurang tepat. Dengan komunikasi yang baik, niscaya setiap masalah bisa diatasi dengan baik pula. Bagaimanapun, kita adalah satu tim kerja. Untuk itu, jadilah bijak dalam mengomunikasikan kebenaran demi kebaikan bersama. SEMOGA USAHA DAN KERJA ANDA SEMAKIN SUKSES ...AMIN....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JANGAN LUPA KUNJUNGI JUGA WEBSITE KAMI INI

SILAHKAN KLIK PELUANG USAHA DI BAWAH INI
http://www.pentolplanet.com/p/cara-jadi-mitra.html
http://www.pentolplanet.com/p/cara-jadi-mitra.html
ATAU BISA JUGA USAHA KELUARGA YANG INI
INFO HARGA GENTENG KLIK DISINI

BERSAMA KELUARGA BESAR

PROMOSIKAN USAHAMU BERSAMA KAMI /PINGIN BIKIN WEBSITE/BLOG ??

.
Hubungi Kami
TELEPON : (0355) 876758
CALL/SMS

Hp: 082142246574

Ikuti terus perjalanan saya di blog ini,,,ambil sisi yang baik dan bermanfaat

,yang nggak baik nggak usah di ambil terimakasih telah mampir ke blog

saya

,disini kita sama sama belajar dan sharing


-Kapan saatnya kita bisa memulai bisnis?
-Bagaimana Memulai Bisnis dengan Modal yang sangat Minim?
-Bagaimana kiat bertahan terhadap pesaing bisnis?
-Mengapa kita harus mempunyai Bisnis?
-Dan buat yang punya/terlilit hutang jangan takut....jangan biarkan aset kita buat bayar hutang,,,,
-Jurus ampuh menghadapi Debcolector
-Cara jitu bangkit dari keterpurukan (Kegagalan)

Semua hal diatas akan kita Bahas bersama ,kita akan shering dan saya akan berbagi kepada teman teman pengalaman saya ...so...sering2lah mampir ke blog saya ini


Atau bergabunglah dengan Komunitas kami PTC (PLANET TRAINING CENTER)
apa itu PTC

SILAHKAN BACA JUGA ARTIKEL YANG LAIN,CUKUP KLIK DI BAWAH INI